Oleh: atmanroja | 5 Februari 2010

“XANTHONES MANGGIS”, Produk Pertanian Yang Berprospek Untuk Dikembangkan


Salah satu komoditas ekspor Propinsi Sumatera Barat adalah manggis. Namun, hanya 20% produksi manggis Sumatera Barat yang memenuhi kualitas ekspor. Sisanya dipasarkan di dalam negeri berupa kualitas BS (Bekas Sortiran). Untuk meningkatkan nilai tambah manggis kualitas BS, memperpanjang umur simpan, antisipasi anjloknya permintaan buah segar, dan memperluas pemasaran diperlukan suatu teknologi, antara lain pengolahan manggis.
BPTP Sumatera Barat telah menghasilkan empat jenis teknologi pengolahan manggis, salah satunya xanthones manggis. Teknologi ini telah diusulkan hak patennya Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual melalui Kantor Pengelola Kekayaan Intelektual dan Alih Teknologi di Bogor. Nomor pendaftaran paten untuk produk xanthones manggis adalah P00200600765. APA ITU XANTHONES?
Xanthones manggis adalah ekstrak kulit buah manggis yang bermanfaat sebagai obat karena mengandung xanthone yang sangat tinggi (123,97 mg/100 ml).
Kulit buah manggis selama ini sering tidak termanfaatkan, dan menjadi limbah pertanian. Hal ini sungguh merugi karena dalam kulit buah manggis (pericarp) mengandung xanthone yang bermanfaat sebagai anti oksidan dalam tubuh yang cukup tinggi, selain itu juga mengadung berbagai jenis vitamin dan mineral. Dari hasil invensi ini pericarp mangandung 123,97 mg/100g; 20,66 mg/100 g vitamin B1; 1,79 mg/100 g vitamin B2; 0,948 mg/100 g vitamin B6; 17,92 mg/100 g vitamin C, 21,72 mg/100 g Calsium, 3,68 mg/100 g besi, 8 mg/100 g Posphor, dan 121 k kal/ 100 g kalori. Xanthone disamping sebagai anti oksidan juga sebagai antiproliferativ, dan antimikrobial, yang tidak ditemui pada buah-buahan lainnya, karena itu manggis diberi julukan “Queen of Fruits”. Xanthone bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, anti kanker, tumor dan kolesterol tinggi, serta menghindari penyumbatan jantung.
Indonesia kaya dengan buah manggis, 72 ribu ton lebih/tahun dihasilkan dari Indonesia. Penggunaannya selain diekspor juga dikonsumsi sendiri dalam negeri. Bagian buah yang dikonsumsi adalah daging buah (pulp), sedangkan kulitnya dibuang dan tidak dimanfaatkan. Potensi kulit buah manggis sungguh luar biasa akan mendatangkan keuntungan besar apabila dimanfaatkan karena kulit manggis mengandung Xanthone yang lebih tinggi dibandingkan dengan pulp.
Xanthone adalah substansi kimia alami yang tergolong senyawa polyphenolic, yang dihasilkan dari metabolit sekunder. Xanthone tidak ditemui pada buah-buahan lainnya kecuali pada buah manggis, karena itu manggis di dunia diberi julukan “Queen of Fruits” atau si ratu buah. Moongkarndi, et. al., (2005) melaporkan bahwa, selain mengandung xanthone buah manggis juga mengadung Catechin, Potassium, Calcium, Pospor, Besi, vitamin B1, B2, B6 dan vitamin C. Xanthone dalam tubuh berfungsi sebagai antioksidan, antiproliferativ, antiinflamasi dan antimikrobial (Linuma dan Tosa, 1996; Yoshikawa dan Harada,1994; Jiang, 2004; Cahyana, 2005). Senyawa xanthone dan derivatnya dapat diisolasi dari kulit buah manggis (pericarp) yaitu 3-isomangostein, alpha-mangostin, beta- mangostin, Gamma-mangostin, Garcinone A, garcinone B, C dan D, maclurin, mangostenol. Disamping itu buah manggis juga mengandung catechin, potassium, calsium, posphor, besi, vitamin B1, B2, B6 dan vitamin C (Fan & Su 1997; Asai & Tosa 1996). Buah manggis terdiri dari bagian kulit buah 70-75%, daging buah 10-15%, dan biji 15-20 %. Kandungan xanthone tertinggi dalam kulit buah yaitu mencapai 107,76 mg/100 gram kulit buah (Iswari et al, 2005).
Jika anda ingin tahu lebih jauh tentang teknologi ini atau anda berminat untuk mengembangkan produk xanthones ini dalam skala luas (pabrikan), dapat menghubungi penemu teknologi xanthones yaitu: Ir. Kasma Iswari, MSi (HP.08126798778) atau melalui penyedia layanan ini di email: at_roja@yahoo.com atau HP 085263665130 (Ir. Atman Roja, MKom).

Xanthones Manggis


Responses

  1. MAKASIH INFORMASINYA
    Silahkan Kunjungi BLOG kami http://h0404055.wordpress.com
    Terdapat artikel yang menarik dan bermanfaat, apabila berkenan tolong kasih komentar
    Terima Kasih

  2. Dimana saya bisa mendapatkan produk ini?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: